WORKSHOP PEMBERDAYAAN MEDIA PENDIDIKAN BAGI GURU SMA, SMK DAN PKLK

Salah satu tenaga pengajar SMPLBN Malang mengikuti kegiatan workshop pemberdayaan media pendidikan. Berikut ini paparan singkatnya:

Tema Kegiatan

Pemberdayaan Media Pendidikan Bagi Guru SMA, SMK dan PKLK.

Penyelenggara UPT Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur 2017

Waktu dan Tempat: 3-6 Oktober 2017, Hotel Utami Sidoarjo.

Latar Belakang

Di era globalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi faktor penting dan menjadi indikator penentu kemajuan peradaban suatu bangsa. Hampir sleuruh sendi kehidupan manusia di topang oleh TIK/IT. Daya saing suatu bangsa juga ditentukan oleh seberapa besar kemampuan SDM nya dalam menguasai dan menfaatkan TIK.

Pemanfaatan TIK dalam sektor pendidikan sering disebut dengan istilah E-Pendidikan. E-Pendidikan adalah segala usaha pendayaguaan teknologi informasi dan komunikasi yang ditujukan untuk keperluan pembelajaran (e-pembelajaran) dan manajemen administrasi (e-administrasi)  pendidikan yang mencakup penggunaan teknologi radio, televisi, komputer, internet, multimedia dan mobile, untuk mendukung upaya-upaya mengatasi kesenjangan digital dan kesenjangan pengetahuan, dalam rangka meningkatkan perluasan dan pemerataan akses serta peningkatan mutu pendidikan.

E-pembelajaran diharapkan mempunyai peran sebagai tulangpunggung UPT-TIKP dalam meningkatkan layanan pendidikan kepada masyarakat khususnya guru dan siswa secara merata dan berkeadilan.

Dalam menghadapi tantangan tersbeut di atas, guru hendaknya mempersiapkan diri dalam lenghadapi era digital dengan membekali diri meningkatkan pengetahuan tentang TIK sehingga E-pendidikan dapat mendukung upaya-upaya mengatasi kesenjangan digital dan kesenjangan pengetahuan dan dapat meningkatkan perluasan dan pemerataan akses serta peningkatan mutu pendidikan dapat terwujud.

Berdasarkan pemikiran ilmiah atau latar belakang di atas, dipandnag perlu Dinas Pendidikan Propinsi Jatim (melalui UPT TKP) menyelenggarakan kegiatan yang mengacu pada trend perkembangan teknologi ke depan yaitu “pemberdayaan Media Pembelajaran Bagi Guru SMA, SMK, dan PKLK Tahun 2017”.

Tujuan

Tujuan Umum

Meningkatkan kemampuan guru SMA, SMK dan PKLK dalam pendayaguaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pengembangan metode belajar dan mengajar di kelas.

Tujuan Khusus

Mengenalkan pemanfatan teknologi terkini untuk memproses belajar dan mengajar di kelas.
Meningkatkan motivasi guru dalam pemanfatan TIK guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Membantu mengoperaiskan aplikasi pembelajaran online dalam proses belajar dan mengajar.
Memaksimalkan media internet untuk proses belajar mengajar di kelas.
Memanfaatkan media internet untuk sarana kolaborasi antara guru dan siswa.

Isi Kegiatan.

Kegiatan workshop ini terselenggara atas kerjasama antara UPT Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 dengan pelbagai pakar dari Microsoft dan ITS.

Instruktur dari ITS, Nisfu Asrul Sani, S.Kom., M.Sc menyampaikan materi tentang edukasi dan teknologi informasi, pentingnya TIK dalam kehidupan terutama proses pembelajaran. Sedangkan pemateri dari Microsoft, Huda Marofiq dan Reinhard menyampaikan materi terkait Office 365. Office 365 merupakan perangkat lunak produktivitas yang dikembangkan oleh microsoft.

Office 365 untuk Pendidikan

Office 365 untuk pendidikan adalah kumpulan layanan yang memungkinkan Anda untuk bekerja sama dan berbagi tugas sekolah. Layanan ini tersedia gratis bagi pengajar yang saat ini bekerja di lembaga akademis dan para siswa sedang menempuh pendidikan di suatu lembaga akademis. Layanan Office 365 untuk pendididikan terdiri dari Office online, OneNote, OneDrive tak terbatas, sharePoint, Sway, Yammer, dan lain-lain.

Tindak Lanjut

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah guru mampu mengimplementasikan Office 365 di sekolah sehingga aplikasi office 365 dapat membnatu guru dalam proses belajar mengajar. Di smaping itu juga guru dapat menyebarkan pengetahuan TIK yang dapat menambah wawasan serta mempersempit kesenjangan teknologi di masyarakat.

Penutup.

Demikian laporan Workshop ini dibuat. Semoga laporan tersebut dapat menjelaskan dengan baik kegiatan workshop pemberdayaan media pendidikan bagi guru SMA, SMK dan PK-LK 2017.

Dokumentasi



Komentar