Pelatihan Menggunakan Google Drive


(Video Google Drive by Google)

Betapa pentingnya penyimpanan data dengan menggunakan sistem cloud, SMPLB Negeri Malang menyelenggarakan pelatihan sehari menggunakan Google Drive (Gdrive). Gdrive merupakan produk google yang dimana para pengguna dapat menyimpan pelbagai data ke dalam sistem penyimpanan Google. Para peserta kegiatan ini adalah para Guru dilingkungan sekolah.

Seberapa pentingnya GDRive bagi guru?. Penyimpanan dengan menggunakan sistem cloud sangat relevan dengan perkembangan saat ini. Sebagai contoh studi kasus sebagai berikut:

Pak Wikarta mengikuti workshop Pengembangan Media Pembelajaran di Jakarta. Wikarta sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut, meski sekolah pak Wikarta berasal dari pelosok negeri. Ya pak Wikarta mengajar di Merauke. Ketika sampai di Jakarta, panitia meminta pak Wikarta menyerahkan persyaratan sebagai peserta Workshop.

Sampai disini munculah sebuah problem. Pak Wikarta lupa tidak membawa MPWP. Tidak mejadi masalah jika rumah pak Wikarta terletak di Depok atau Tangerang. Masalahnya rumah pak Wikarta terletak di ujung timur. Apakah ia harus balik lagi? Tidak mungkin!.

Beda jika pak Wikarta punya Google Drive. Pak Wikarta tinggal menscan semua berkas yang dimiliki kemudian disimpan di Gdrive. Ketika ia lupa tidak membawa berkas NPWP, (seandainya pak Wikarta punya Gdrive), pak wikarta tinggal membuka filenya d Gdrive, kemudian mengunduh setelah itu diprint. Gampang kan?

Peyimpanan Hingga 15 GB.

Google drive menyediakan penyimpanan data hingga 15 GB. Ini setara dengan 1 flasdisk 15 GB kalau dirpiahkan sekitar 75 ribu. Namun kelebihan Gdrive adalah para pengguna tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, alias gratis. Bagaimana dengan keamanan? Insha Allah data kita yang tersimpan di Google Drive akan aman.

Berikut ini panduan menggunakan Google Drive. Bisa Anda baca sekaligus Download.

Komentar