MEMBACA SUMBER INSPIRASI



MEMBACA SUMBER INSPIRASI
Senin 12-5-2013 08.50 goresan kecil di kelas VIII B  SMPLB N MALANG oleh Rusmiati Junianingsih S.PD.
Membaca sumber inspirasi,membaca jendela ilmu ,dan membaca membuka wawasan baru. Ungkapan itu benar adanya bagi pemburu ilmu .pertanyaannya sekarang sudahkah kita menjadi pemburu ilmu ? jawabnya bisa kita perkirakan pada diri kita masing-masing.

Agama Islam mengajarkan pertama kali pada umatnya Baca ,Iqro’.dari membaca seseorang dapat mengetahui berita di luar pemikirannya .beberapa pengalaman dari kita pernah merasakan sesuatu yang baru setelah kita membaca ,membaca apapun itu .
Seorang teman membaca beberapa berita di Koran majalah dan sumber berita yang lain (internet) timbul ide menuliskan sebuah buku .seorang ibu membaca banyak buku tentang resep masakan dan bisa menciptakan resep masakan baru,seorang guru yang suka membaca banyak ide-ide baru tentang metode pembelajaran ,bahkan seorang yang sedang kasmaran dengan membaca dapat menuangkan inspirasi cintanya tanpa kehabisan kata-kata.
Dari kita yang mempunyai hoby menulis juga harus banyak membaca . membaca dan membaca menyenangkan jika yang kita baca sesuai dengan situasi hati kita. Pernah suatu hari menemukan sebuah catatan harian yang secara itdak sengaja terlanjur dikilokan dan jadi bungkus cabe . menarik untuk disimak meski hanya satu lembar yang tidak utuh .cacatan itu berisi tentang ketidak nyamanan rumah tangganya keluh kesah seorang istri dan itu suatu saat dapat menjadi pembanding dalam penyekesaian masalah rumah tangga juga di forum pengkajian agama islam. Artinya ada solusi bagi yang di timpa masalah seperti pada cacatan tak utuh tadi .
Pada suatu bedah buku Inspirasi oleh Bapak Puguh sudarminto Sabtu 11 Mei 2013 itu di jelaskan bahwa dari membaca tercetak sebuah buku. Mengutip dari salah satu nara sumberbukunya beliau mengatakan :Mulailah menulis dari sekarang ,apa saja yang dituliskan ? jawabnya apa saja bisa dari yang dirasakan atau dari yang dibaca .jangan dilihat berapa banyaknya tulisan namun efektifkan menulisnya .tentang apa saja ,dimana saja dan kapan saja.seperti iklan minuman saja?.
Menuliskan sesuatu bisa dimulai dengan membuat catan kecil tentang kegiatan kita sehari-hari ,semacam jadwal kerja ,jadwal menu masakan satu minggu atau bisa juga catatan cicilan .menghitung pemasukan dan pengeluaran dengan baik. Yang pasti apa yang kita tuliskan haruslah jujur  dan konsisten dengan apa yang kita tuliskan . Selamat membaca dan selamat menulis.


Komentar

  1. untuk teman-teman yang punya hooby menulis bisa kirim ke blog ini melalui Email :smplbn.mlg@gmail.com trimakasih atas kerja samanya.ayo kita ramaikan blog kita...!!

    BalasHapus

Posting Komentar